PARADIGMA BARU PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANTARA TRADISI DAN TRANSFORMASI
Rp 65.000 Rp 110.000Kode | PIM646 |
Stok | Tersedia (200) |
Kategori | Uncategorized |
Penulis | : | Dr. Muhamad Bisri Ihwan, Lc., M.Pd. dan Dr. Ro’fat Hizmatul Himmah, M.Pd.I |
ISBN | : | |
Ukuran | : | 14.8 x 21 cm |
Tebal | : | vii + 127 hlm |
Kertas | : | HVS |
Copyright © Februari 2025
PARADIGMA BARU PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANTARA TRADISI DAN TRANSFORMASI
Buku Paradigma Baru Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab: Antara Tradisi dan Transformasi menghadirkan analisis mendalam tentang perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan mengakomodasi pendekatan tradisional dan inovasi transformasional dalam dunia pendidikan. Bab pertama menguraikan landasan teoritis, termasuk konsep perencanaan pembelajaran, teori belajar yang relevan, serta prinsip penyusunan kurikulum dan tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab. Bab kedua mengeksplorasi metode tradisional seperti sistem halaqah, sorogan, metode gramatika-terjemah, serta pemanfaatan kitab turats, sambil mengevaluasi efektivitasnya dalam konteks pembelajaran modern. Perubahan paradigma dikupas dalam bab ketiga, yang membahas transformasi pembelajaran berbasis kompetensi, integrasi teknologi, serta model pembelajaran aktif seperti Communicative Approach dan Task-Based Learning. Bab keempat memberikan panduan praktis dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab di era digital melalui desain media interaktif, strategi asesmen berbasis teknologi, serta studi kasus penerapan pembelajaran di berbagai institusi. Bab kelima menyoroti strategi pengajaran berbasis kebutuhan dengan menyesuaikan materi dan metode pembelajaran sesuai dengan konteks akademik, profesional, dan keagamaan. Dalam bab keenam, pendekatan interdisipliner dijelaskan melalui integrasi linguistik, psikolinguistik, studi Islam, humaniora, serta perspektif multikultural dalam pembelajaran bahasa Arab. Bab terakhir menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pendidik dan lingkungan belajar yang adaptif, mencakup peningkatan kompetensi guru di era digital, pelatihan profesional, optimalisasi lingkungan belajar dari kelas konvensional hingga virtual learning, serta peran komunitas dan jaringan profesional dalam memperkaya pengalaman pembelajaran. Buku ini menjadi referensi komprehensif bagi akademisi, pendidik, serta praktisi pendidikan bahasa Arab yang ingin mengembangkan perencanaan pembelajaran yang lebih efektif, relevan, dan berorientasi masa depan.
PARADIGMA BARU PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANTARA TRADISI DAN TRANSFORMASI
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 49 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
PENGEMBANGAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI
Buku yang berjudul “Pengembangan Matematika Anak Usia Dini” ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai upaya untuk mendukung para pendidik dan orang tua dalam memahami pentingnya pendidikan matematika sejak dini serta menyediakan panduan yang praktis dan aplikatif. Pendidikan anak usia dini merupakan fase krusial dalam perkembangan anak, di mana segala aspek pertumbuhan kognitif,…
Rp 70.000 Rp 115.000
39%
PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR
Buku Perencanaan Pembelajaran pada Pendidikan Dasar ini dirancang untuk memberikan panduan komprehensif dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif di tingkat pendidikan dasar. Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas berbagai aspek penting dalam perencanaan pembelajaran, mulai dari pengertian dan fungsi perencanaan, komponen-komponen utama yang harus ada dalam perencanaan, hingga prinsip-prinsip yang mendasari pembelajaran yang…
Rp 70.000 Rp 115.000
36%
EVALUASI PEMBELAJARAN: STRATEGI DAN IMPLEMENTASI
Buku Evaluasi Pembelajaran: Strategi dan Implementasi mengulas konsep, metode, dan tantangan dalam evaluasi pembelajaran secara komprehensif. Dimulai dari prinsip dasar, jenis evaluasi, hingga standar dan kriteria yang digunakan dalam menilai efektivitas pembelajaran. Berbagai metode evaluasi seperti tes tertulis, observasi, dan teknologi dalam evaluasi dibahas bersama strategi pengembangan instrumen agar hasil penilaian lebih akurat. Selain itu,…
Rp 70.000 Rp 110.000
42%
KEPEMIMPINAN BERBASIS TRANSFORMASI: MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG INOVATIF
Buku Kepemimpinan Berbasis Transformasi: Mewujudkan Pendidikan yang Inovatif membahas secara mendalam konsep kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan. Dimulai dengan pemahaman tentang kepemimpinan transformasional, karakteristik pemimpin yang efektif dalam dunia pendidikan, serta pentingnya kemampuan komunikasi dan inspirasi dalam membangun hubungan dan kepercayaan dengan tim pendidikan. Buku ini juga mengupas tentang bagaimana kepemimpinan dapat difokuskan untuk pengembangan…
Rp 70.000 Rp 120.000
39%
BUKU AJAR PENGANTAR AKUNTANSI LANJUTAN
Buku “Buku Ajar Pengantar Akuntansi Lanjutan” adalah panduan sistematis yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar dan lanjutan dalam akuntansi. Buku ini dimulai dengan pengantar akuntansi, mencakup tujuan pembelajaran dan peran akuntansi dalam perekonomian. Pembahasan berlanjut ke laporan keuangan, mulai dari definisi, pencatatan transaksi, penjurnalan, hingga komponen laporan keuangan. Konsep kas, termasuk laporan…
Rp 70.000 Rp 115.000PENGEMBANGAN KERJA SAMA SAIN TEKNOLOGI REFLEKSI KERJASAMA INDONESIA TURKIYE
Buku Pengembangan Kerja Sama Sains Teknologi: Refleksi Kerja Sama Indonesia-Turkiye mengupas pentingnya kerja sama internasional dalam bidang sains dan teknologi, khususnya antara Indonesia dan Turkiye. Turkiye, sebagai negara yang berambisi menjadi kekuatan global seperti pada masa Ottoman, aktif mengembangkan teknologi di berbagai sektor dan menjalin kerja sama pendidikan dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Buku ini…
Rp 65.000 Rp 100.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.